" Efek Menekan Tombol Starter Saat Lampu Indikator Motor Belum Mati "
Tidak sedikit beberapa kasus dimana pemilik motor memasukan kunci ke lubang kunci dan memutar ke arah 'ON' , namun sering kali si pengendara langsung menekan tombol starter padahal indikator lampu pada Speedometer belum mati.
Lalu apakah efek atau akibat dari cepatnya menekan tombol starter tanpa menunggu lampu indikator mati?
Khusus untuk pemilik motor Honda, PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer sepeda motor dan suku cadang sepeda motor Honda di Jawa Barat, menjelaskan bahwa kondisi ini akan mengakibatkan pembagian tegangan listrik pada sensor ECM dan pompa bahan bakar kurang stabil (motor PGM-FI), sehingga sensor ECM tidak membaca dengan maksimal informasi dari sensor-sensor.
Namun kabar baiknya hal ini tidak menyebabkan kerusakan pada komponen yang terkait akan tetapi di sarankan kebiasan ini dihindari.
Kemudian timbul pertanyaan, apakah benar jika ingin menekan tombol starter lampu indikator speedometer harus mati terlebih dulu?
Jawabnya adalah benar, karena pada saat kunci kontak diputar ke posisi “ON” tegangan listrik akan mengalir ke indikator terlebih dahulu dimana ECM menerima informasi dari sensor-sensor dan juga menandakan pompa bahan bakar (fuel pump) siap dan mulai untuk bekerja.
DAM Juga memberikan kiat cara yang benar menghidupkan mesin motor terutama yang sudah injeksi. Pertama, posisikan sepeda motor menggunakan standar utama (standar dua), lalu gunakan kick starter atau engkol sebanyak 2 - 3 kali supaya oli di dalam mesin melumasi seluruh komponen-kompenen mesin.
Kedua, putar kunci kontak ke posisi “ON” tunggu sampai indikator MIL menyala lalu mati atau jarum speedometer kalibrasi (bergerak ke kanan dan kembali lagi ke posisi semula)
Ketiga, tekan tombol starter untuk menghidupkan sepeda motor, khusus motor matic ketika mesin dihidupkan putaran stationer/RPM mesin akan naik terlebih dahulu, lalu akan kembali turun sampai ke putaran RPM standar pabrik, baru sepeda motor siap untuk dikendarai.
Comments
Post a Comment